Daftarkan e-mail anda dan dapatkan penawaran menarik dari Toko Semuada

*Jangan lupa aktivasi melalui e-mail yang kami kirim

New Born BabyKulit bayi pun terlihat keriput dan tidak mulus. Jangan khawatir, meski struktur dan komponen kulit bayi anda sudah lengkap, permukaan kulit bayi baru lahir mengandung lapisan yang disebut vernix caseosa. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung, dan akan lepas dengan sendirinya dalam beberapa hari. 

Itu sebabnya, di awal kelahirannya, kulit bayi seperti berkeriput, terutama di bagian tangan dan kaki. Selang beberapa hari kemudian, lapisan ini akan mengelupas, dan kulit yang sebenarnya mulai muncul. 

Perlahan, kulit yang tadinya keriput pun berubah menjadi kulit yang mulus dan halus. Yang pasti, jangan pernah tergoda untuk mengelupas kulitnya. Karena lapisan di kulitnya itu justru memberi perlindungan ekstra pada kulitnya yang sensitif. 

Cukup jaga agar kondisi kulit bayi selalu bersih, dan rawat kulitnya dengan cara memandikannya menggunakan air hangat dan sabun khusus bayi.

Satu-satunya cara bayi Ibu berkomunikasi di minggu-minggu awal usianya adalah lewat tangisan. Coba amati deh maka Ibu akan bisa membedakan suara tangisan bayi Ibu, dan menerjemahkan keinginannya. Perhatikan pula ya saat bayi Ibu menangis, sehingga ia bisa mengenali respon yang memberinya rasa aman dan nyaman. Seiring dengan waktu, Ibu akan bisa mengetahui mengapa bayi Ibu menangis dan bagaimana cara mengartikan setiap tangisannya.

 

Pengelihatan dan pendengaran bayi usia 0 bulan (Newborn)

Indera pendengaran bayi mulai dibentuk saat bayi masih berada dalam kandungan pada saat kandungan usia 8 minggu. Pembentukan indera pendengar bayi akan selesai pada saat janin berusia 24 minggu. Dan pada saat usia janin 25 minggu, dia sudah bisa mendengar suara-suara di sekitarnya, termasuk suara orang tuanya. Maka pada saat kandungan berusia 25 minggu, berkomunikasilah orang tua dengan janinnya meskipun masih satu arah. Ketika saat terlahir ke dunia bayi sudah menyadari akan bunyi-bunyi disekitarnya. Bahkan bayi akan merasa kaget ketika mendengar bunyi keras yang tiba-tiba.

Sampai usianya 4 bulanan, bayi Ibu hanya bisa melihat apa yang ada di sekelilingnya dengan samar. Ia baru akan bisa melihat wajah Ibu dengan jelas dalam jarak sangat dekat, yaitu 20-25 cm dari matanya. Sistem penglihatannya juga belum memungkinkan dia untuk memusatkan kedua matanya pada satu objek.

 

Makanan bagi bayi usia 0 bulan (Newborn)

Sumber gizi terbaik untuk bayi Ibu yang baru lahir adalah dari susu yang Ibu berikan berupa ASI. Karenanya saat pertama kali Ibu menggendongnya di ruang bersalin adalah saat terbaik untuk inisiasi menyusui dini. Saat baru melahirkan, tubuh Ibu akan memproduksi kolostrum dalam jumlah yang terbatas. Nah, kolostrum ini sangat baik untuk melindungi bayi Ibu dari infeksi. 

Perut bayi yang baru lahir adalah seukuran telur rebus. Sangat kecil ya Bunda! Jadi ia hanya bisa makan sangat sedikit, tapi frekuensinya sering. Jadi ibu tidak perlu terlalu khawatir jika ASI tidak keluar banyak pada masa-masa awal menyusui. Jaga selalu kondisi kesehatan Ibu, agar bisa memberikan ASI yang berkualitas kepada bayi Ibu, sekaligus menjaga kondisi tubuh Ibu di masa-masa awal yang menyulitkan ini. Minta juga pada suami untuk ikut membantu dalam merawat bayi agar Ibu bisa terhindar dari kelelahan dan depresi pasca melahirkan.

Dalam minggu-minggu awal posisi menyusui yang baik sangatlah penting. Posisi menyusui yang baik dapat menjaga kesehatan puting susu, menghidarkan dari luka serta memungkinkan bayi menyusu dengan efisien, posisi menyusui yang baik telah kami bahas dalam artikel terpisah di sini Bagaimana posisi bayi saat menyusu?.

 

Bayi usia 0 bulan (Newborn) jadwalnya hanya makan dan tidur

Makan adalah hal yang terpenting dalam hidup bayi Ibu yang baru lahir. Susui ia dengan ASI sesering mungkin ya. Sebagian bayi baru lahir akan minta disusui setiap dua sampai tiga jam sekali, sepanjang hari! Setelah makan, tidur ada di urutan berikutnya. Mereka biasanya membutuhkan 16 sampai 17 jam sehari untuk tidur.

 

Perlengkapan bayi usia 0 bulan (Newborn)

Perlengkapan bayi usia 0 bulan (Newborn) lebih di fokuskan pada pakaian anak, perlengkapan tidur, perlengkapan mandi dan perlengkapan kesehatan dan kebersihan. Perlengkapan menyusui seperti botol susu, dan botol warmer belum diperlukan karena anak masih menyusui langsung dari ibunya, kecuali memang dalam kondisi khusus.

Pakaian anak meliputi popok, bedong, baju, celana, topi bayi, sarung tangan dan sarung kaki untuk kehangatan bayi. Untuk bedong, anda dapat menggunakan bedong modern yang memang di desain untuk kemudahan bagi orang tua dan kenyamanan dan keamanan bagi bayi.

Perlengkapan tidur bisa berupa box bayikasur, bantal, guling, perlak karet (plastik), selimut, dan kelambu. Beberapa baby bouncer / baby swing juga sudah dapat digunakan oleh bayi usia 0 bulan (Newborn) hanya saja penggunaannya harus dalam pengawasan ketat orang tua.

Peralatan mandi meliputi sabun, shampo, baby oil, waslap, bak mandi, mainan mandi, topi keramas, handuk anak, serta tempat sabun, bedak/talk. Bunda juga bisa menggunakan baby bather atau tempat mandi yang memang di desain khusus untuk bayi.

Perlengkapan kebersihan meliputi sisir, cotton bud, kain kasa, sikat lidah, kapas steril, thermometer badan, gunting kuku, peniti dan sedotan ingus.

Untuk membantu bunda memberikan ASI, bisa juga menggunakan Nursing Pillow agar posisi bayi nyaman ketika menyusui, jangan lupa juga nursing cap agar bunda bisa menyusui bayi anda di mana saja tanpa malu di lihat orang.

Untuk gendongan, gunakan gendongan yang memang di desain untuk bayi newborn, mengingat bayi belum bisa menahan berat kepala, maka sangat di rekomendasikan menggunakan gendongan model wrap.

Gendongan model soft structured carrier seperti Cuddle Me Neo CMC atau Gendongan Ergo Baby tidak cocok untuk bayi dibawah usia 6 bulan karena memang di desain bagi bayi yang lehernya sudah sanggup menyangga kepala. Tapi anda tetap dapat menggunakan jenis gendongan seperti ini pada bayi di bawah usia 6 bulan dengan catatan harus menggunakan infant insert.

 

Ayo bagi pengalaman bunda dengan bayi kesayangan bunda di kolom komentar di bawah ini y bunda...

 

Artikel ini adalah indikator pertumbuhan bayi untuk membantu orangtua memantau perkembangan bayi anda dari usia 0 bulan (Newborn). Perlu diperhatikan bahwa indikator pertumbuhan bayi bukan harga mati yang berlaku untuk seluruh bayi dan bukan pula alat ukur baku untuk menilai pertumbuhan bayi.

Indikator ini fungsinya adalah untuk membantu orang tua untuk mengetahui perkembangan bayi secara umum. Yang terpenting adalah menjadikan indikator ini sebagai alat untuk membantu orangtua merancang stimulasi-stimulasi yang sesuai untuk perkembangan bayi. Dan stimulasi yang utama bagi bayi adalah interaksi dengan orang-orang terdekatnya terutama orangtuanya.


  • Kami Menggunakan Jasa Eksepedisi Jne/Pos/Wahana
  • Untuk Jasa Ekspedisi Jne/Pos/Wahana, Pengiriman Dilakukan Setiap Hari
  • Setiap Transaksi Akan Diusahakan Untuk Dikirim Ke Jasa Ekspedisi Pada Hari Yang Sama
  • Jika Hari Libur/Tanggal Merah Barang Dikirim Di Hari Kerja Berikutnya
  • Hari Libur/Tanggal Merah Slow Respon (Harap Maklum Family Time)
  • Selain Jasa Ekspedisi Jne/Pos/Wahana, Pengiriman Akan Di Jadwalkan Pada Hari Tertentu
  • Packing Aman, Rapih Dan Dibungkus Plastik
  • Untuk Kiriman Dengan Berat Volumetrik Tertentu Ditambahkan Packing Dus Diluar Dus Kemasan Produk + Sticker Fragile
  • No Resi Akan Diinformasikan Pada Malam Hari Melalui Sms/Whatsapp/Bbm

 
 
 
Oleh Bunda Salsabila
Informasi dan pemesanan via sms/whatsapp di 081310623755

Semuada.com

Product Category

Informasi dan Pemesanan

SMS Only & Whatsapp:
0813 1062 3755
 
BBM Channel:
C003AEA89
 
PIN BB:
7C3E9A07
 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 
    

Find us on Social Media

 

 

 

 

Di Facebook

Di Instagram

Di Twitter

Di Pinterest

a