Daftarkan e-mail anda dan dapatkan penawaran menarik dari Toko Semuada

*Jangan lupa aktivasi melalui e-mail yang kami kirim


Studi teranyar merekomendasikan para orangtua untuk mulai mengenalkan toilet training saat anak berusia 27-32 bulan. Anak yang baru mulai belajar menggunakan toilet di atas usia 3 tahun cenderung lebih sering mengompol hingga usia sekolah. Sebaliknya, bila Anda mulai mengenalkan anak untuk pipis dan buang air besar di toilet sebelum ia berusia 27 bulan justru lebih sering gagal. 

Selama ini terdapat dua pendapat berbeda mengenai kapan waktu terbaik untuk mulai mengajarkan toilet training pada anak. Pendapat pertama menyebutkan, untuk mengajari anak sedini mungkin, sedangkan pendapat lain menyebutkan untuk menunggu hingga anak besar dan ia mulai menunjukkan tanda siap. Namun, belum ada studi yang bisa menyebutkan kapan usia paling tepat untuk memulai transisi dari popok ke toilet ini. 

Meski salah satu cara mengajarkan toilet training adalah dengan memberi contoh, namun para peneliti dari Amerika Serikat dalam laporannya yang dimuat dalam Journal of Pediatric Urology mengatakan bahwa waktu yang tepat jauh lebih penting daripada teknik. 

Para peneliti melakukan studi dengan mewawancarai 157 orangtua yang memiliki anak berusia 4-12 tahun yang rutin berkonsultasi pada dokter karena anaknya masih mengompol. Para orangtua tersebut ditanyai kapan mereka mulai mengajarkan toilet training dan metode apa yang dipakai. Jawaban para responden itu kemudian dibandingkan dengan orangtua dari 58 anak yang memiliki kemiripan usia, gender, ras, dan faktor lain, namun tidak punya masalah mengompol.

Pada anak yang masih mengompol di usia 4-12 tahun, rata-rata mereka mulai diajarkan toilet training oleh orangtua saat mereka berusia 31 bulan, dibandingkan dengan anak dari kelompok tak mengompol 28,7 bulan. 

Peter Stavinoha, penulis buku Stress-Free Potty Training, mengatakan bahwa usia tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan kapan anak harus mulai diajarkan menggunakan toilet

"Meski rata-rata anak sudah bisa diajarkan di usia 2,5 tahun tapi tidak semua anak sama. Kuncinya adalah saat perkembangan fisik, emosi, dan psikologis anak siap," kata Stavinoha, ahli neuropsikologis klinis dari Children's Medical Center, Dallas, AS.

Tanda-tanda anak mulai siap diajarkan adalah dapat duduk tegak, punya ritme ke toilet dalam 2-3 jam, dapat membuka dan memakai celana sendiri, bisa memahami instruksi sederhana dan sudah bisa mengatakan keinginannya.

"Orangtua harus menjadi pembimbing, memfasilitasi, dan menyemangati anak. Hindari memaksakan kehendak pada anak, biarkan anak melewati tahapan-tahapan toilet training," saran Stavinoha.

Sumber: Kompas.com

 

Toko Semuada menyediakan berbagai macam potty trainer dalam berbagai bentuk dan warna yang menarik bagi buah hati anda, pada kategori BABY POTTY TRAINER, yang dapat membantu anda mengajarkan anak menggunakan toilet.


  • Kami Menggunakan Jasa Eksepedisi Jne/Pos/Wahana
  • Untuk Jasa Ekspedisi Jne/Pos/Wahana, Pengiriman Dilakukan Setiap Hari
  • Setiap Transaksi Akan Diusahakan Untuk Dikirim Ke Jasa Ekspedisi Pada Hari Yang Sama
  • Jika Hari Libur/Tanggal Merah Barang Dikirim Di Hari Kerja Berikutnya
  • Hari Libur/Tanggal Merah Slow Respon (Harap Maklum Family Time)
  • Selain Jasa Ekspedisi Jne/Pos/Wahana, Pengiriman Akan Di Jadwalkan Pada Hari Tertentu
  • Packing Aman, Rapih Dan Dibungkus Plastik
  • Untuk Kiriman Dengan Berat Volumetrik Tertentu Ditambahkan Packing Dus Diluar Dus Kemasan Produk + Sticker Fragile
  • No Resi Akan Diinformasikan Pada Malam Hari Melalui Sms/Whatsapp/Bbm

 
 
 
Oleh Bunda Salsabila
Informasi dan pemesanan via sms/whatsapp di 081310623755

Semuada.com

Sleep Paralysis  Pernahkah anda terbangun di tengah tidur anda, sepenuhnya sadar, tidak mengantuk tetapi anda tidak bisa menggerakkan satu pun anggota tubuh anda? Badan terasa berat seperti ada sesuatu di atas tubuh anda, nafas terasa sesak, tidak bisa bicara, pada beberapa kasus bahkan tidak bisa membuka kelopak mata, dan beberapa kasus lainnya tidak bisa mendengar. Jika ya, maka anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang telah mengalami peristiwa yang disebut Sleep Paralysis.  Peristiwa ini begitu mengerikan, hingga beberapa penderita mengalami trauma dan memerlukan bantuan psikologis. Bagaimana tidak mengerikan, ketika kita mengalami sleep paralysis, kita mulai melihat / mendengar / merasakan hal-hal mengerikan. Admin sendiri pernah mengalami Sleep Paralysis, meski admin tidak bisa membuka mata, tapi admin merasakan sesuatu yang sangat berat menindih tubuh dengan beberapa tekanan berubah dari tangan, kaki, leher dan dahi. Selain itu admin juga mendengar suara-suara berisik orang tertawa dan ngobrol tapi admin tidak mengerti bahasanya. Sereeeeeeeeem...  Nah apa sih sleep paralysis ini? Mari kita lihat beberapa teori di bawah ini.  1. Menurut Medis   Menurut medis, Sleep Paralysis ini terjadi karena Kelumpuhan otot. Otot menjadi tidak aktif saat kita tertidur. Dan pada saat Sleep Paralysis ini terjadi, Ketidakaktifan otot beralih beberapa saat dari masa tidur ke masa sadar. Selain kelumpuhan otot, ada juga yang mengatakan ini disebabkan oleh Penyumbatan saluran darah dimana posisi tidur yang tidak nyaman. Oleh karenanya, kita tidak bisa bergerak dan juga mengalami halusinasi seperti adanya orang disamping kita.   2. Menurut Islam  Dalam islam, apabila kita mempunyai iman yang lemah maka tidak heran apabila kita mudah terpengaruh oleh setan bahkan dirasukinya. Diriwayat oleh Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu :                 الرؤيا ثلاث حديث النفس وتخويف الشيطان وبشرى من الله “Mimpi itu ada tiga macam: [1]bisikan hati, [2]ditakuti-takuti setan, dan [3]kabar gembira dari Allah.” Jadi, tak heran apabila kita dirasuki oleh sesuatu makhluk yang ghaib apabila kita mempunyai hati dan iman yang lemah. Oleh karenanya, sebelum kita tidur kita hendaknya berdoa ya gan!  3. Menurut Kepercayaan   Menurut kepercayaan mayoritas penduduk Indonesia, Sleep Paralysis ini disebut Ketindihan atau ada juga dalam bahasa sunda disebut Erep-erep. Kedua istilah tersebut sering diartikan sebagai tertindih sesuatu yang ghaib berupa Jin. Sehingga pada saat Sleep Paralysis ini terjadi, kita harus mengerahkan sekuat tenaga dari tubuh kita agar si Jin tersebut lepas dari kita.    Pada kasus admin, waktu itu adalah malam pertama di kosan baru, jadi masuk teori yang mana y?   Nah, apa anda juga pernah mengalami sleep paralysis? Apa yang terjadi? Share yuk di komentar :)

Product Category

Informasi dan Pemesanan

SMS Only & Whatsapp:
0813 1062 3755
 
BBM Channel:
C003AEA89
 
PIN BB:
7C3E9A07
 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 
    

Find us on Social Media

 

 

 

 

Di Facebook

Di Instagram

Di Twitter

Di Pinterest

a